Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Jumat, 15 Januari 2010

Cara membuat Readmore pada Blogger

Banyaknya artikel yang kita sajikan pada sebuah blog memungkinkan kita untuk membuat Readmore pada blog kita agar tampilan pada blog terlihat lebih rapi. Mungkin rekan blogger yang masih baru menggeluti dunia blog, masih bingung apa itu “Readmore”? Readmore adalah pemenggalan kalimat pada posting suatu halaman. Pemenggalan halaman posting biasanya ditandai dengan “Read More”, “Next”, “Baca Selanjutnya”, “Selengkapnya”,”Lebih jelas lagi”, dan apalah itu namanya sesuai dengan selera kita.

Readmore biasanya digunakan untuk menandai bahwa kalimat pada posting masih mempunyai kelanjutan atau berkelanjutan, dan juga berguna untuk mempersingkat halaman posting yang panjang. Nah mau tau cara buatnya? Baca Selengkapnya......

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat Readmore pada Blogger :
o Step 1 :
Buka Template
Edit HTML
Beri tanda centang pada Expand widget template

o Step 2 :
Jangan lupa backup blogger dengan mengklik “download template lengkap”

o Step 3 :
Cari kode dibawah ini :


Tips : Untuk mempermudah pencarian kode diatas sebaiknya ikuti tips berikut ini. Pertama buka program text editor, misalnya notepad.exe (pada MS Windows tekan menu Start-->Programs-->Accessories-->Notepad) kemudian copy/paste kode HTML tadi ke notepad. Lalu pada notepad pilih Menu Edit-->Find, atau bisa juga tekan Ctrl+F pada keyboard. Pada box find masukkan kode ini :
kemudian klik tombol Find next (jika masih gak ketemu terpaksa kita melakukan pencarian secara manual).
Jika sudah menemukan kode diatas, Copy/paste kode dibawah ini kemudian letakkan kode tersebut dibawah kode diatas.

Kemudian dibawah kode diatas kita akan menemukan kode:

Lakukan copy/paste kode dibawah ini dibawah kode diatas:

Tips: Kode Readmore diatas bisa diganti dengan kalimat sesuai selera kita, misalnya “Next”,”Baca Selanjutnya”,”Selengkapnya”,dsb.

Kode selengkapnya jika dilihat akan tampak sebagai berikut:

Jika kita mengedit langsung pada halaman blogger Edit HTML dan semua kode diatas sudah dilakukan perubahan, jangan lupa disimpan ea =)
Ini jika kita menggunakan Text Editor Notepad: setelah melakukan pengeditan kode pada notepad,lalu hapus semua kode yang ada pada halaman edit blogger,lalu masukkan seluruh kode pada notepad tadi dengan cara copy/paste. Sampai disini pengeditan kode selesai,jangan lupa disimpan ea ;)

o Step 4 :
Setelah kode diatas disimpan kita kembali dan masuk ke tab Pengaturan-->Format-->cari “Post Template” lalu pada kotak masukkan kode dibawah ini.

Jangan lupa disimpan ea :)

Step 5 :
Ketika kita melakukan posting Readmore pada halaman posting untuk pertama kali kita akan melihat kode:


Ingat!!!Jangan hapus kode diatas karena kode tersebut merupakan kode yang akan kita gunakan dalam pemenggalan posting nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertise